Jumat, 04 Desember 2009

Social Network yang Sangat Sosial

Social Network yang Sangat Sosial

c3friendsSocial network memang sebuah cara ampuh dalam mengumpulkan orang dan sebagai wadah dalam menjalankan sebuah program, baik itu promosi maupun sosial. Baru-baru ini majalah SWA dan Prasetiya Mulya Business School mengadakan sebuah survei untuk mengetahui besarnya pengaruh komunitas terutama untuk brand perusahaan di Indonesia.

Kebanyakan hasil dari survei itu memang komunitas off-line, meski ada juga komunitas online seperti Kaskus. Tapi dari data survei itu setidaknya menjelaskan bahwa komunitas adalah sebuah medium yang sangat ampuh, baik untuk menjalankan program promosi, seperti promo produk, CSR, juga sebagai medium untuk berbuat sosial.

Sepertinya itu juga yang menjadi salah satu alasan kemunculan social networking C3friends.

C3friends merupakan website milik Community for Children with Cancer (C3) yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat awarness dan kepedulian masyarakat pada penderita kanker terutama anak-anak, dan merupakan media bagi masyarakat untuk membantu mereka.

Situs ini juga menawarkan sebuah social networking yang bukan hanya untuk berteman, menemukan teman lama atau menambah kenalan, tapi user juga bisa berpartisipasi untuk membantu anak-anak yang terkena kanker.

Terus terang saya suka dengan cara penyampaian pesan dari situs ini lewat tagline mereka, pertama : click-connet-care lalu cash-co location dan communicate. Ya, ternyata C3 bukan hanya berarti community children cancer, secara cerdas C3 ini dikombinasikan dengan konsep situs yang berupa social networking, dan pesannya menjadi blend dan terutama user tidak merasa digurui untuk berbuat sosial tapi diajak untuk turut berperan membantu para pengidap kanker khususnya anak-anak yang jumlahnya cukup besar di Indonesia.

Pada intinya sistus ini merupakan situs social networking, mirip dengan berbagai social networking yang telah ada, jika tanpa memuat muatan sosial mungkin situs ini tidak ada bedanya, selain desain tentunya, dengan situs social networking lain.

Beberapa aplikasi yang ada di situs ini seperti kumpulan puisi sepertinya juga bisa memacu user untuk sering online menggunakan situs ini, pada aplikasi gallery pun user bisa melakukan voting serta menambahkan komentar atas foto yang ada.

Tapi beberapa kekurangan situs ini tampak sejak awal, saya mencoba membuka dengan browser Firefox 3.5 ternyata tidak bisa mengakses situs ini sedangkan dengan Firefox 3.6 beta bisa, kemudian saya mencoba
membuka dengan browser Chrome, dan ternyata saya cukup terkejut dengan peringatan dari Google Chrome sebelum saya bisa mengakses situs ini, yaitu sebuah peringatan berbunyi: diduga situs phishing!

c3

Yang berarti situs ini dilaporkan oleh Chrome sebagai situs yang kemungkinan melakukan penipuan pengguna untuk mengungkapkan informasi pribadi atau keuangan, sepertinya ini bisa jadi perhatian serius bagi pemilik situs, saya sih menduga karena di situs ini mencantumkan no rekening serta cara-cara user untuk memberikan sumbangan berupa uang, jadi Chrome menduga situs ini sebagai situs phishing.

Tapi desain situs ini memang cukup menarik, dengan dominasi kuning dan putih cukup enak di mata lalu option menu yang cukup banyak, seperti rangkuman news, serta kegiatan dari organisasi pengelola situs ini akan cukup membantu orang awam yang mampir ke situs ini tertarik untuk ikut juga dalam program sosial membantu anak-anak penderita kanker.

Oh ya, diluar tampilan profile foto user yang sedikit tampak tidak proporsional di halaman utama saya kira ada satu lagi yang menarik dari situs ini, jika anda belum mau menyumbangkan secara langsung dana pada situs ini, bukan berarti anda tidak bisa membantu program sosial C3friends, karena situs ini juga menyisihkan pendapatan yang mereka dapat dari iklan, dan iklan akan didapat ketika pengunjung atau user yang melalukan klik bertambah. Jadi dengan mengunjungi situs ini saja anda sudah berperan dalam program sosial.

Meski masih banyak UI yang sepertinya harus diperbaiki dari situs ini, karena saya sendiri kesulitan login karena ada satu kolom yang tidak muncul di halaman registrasi sehingga registrasi saya dianggap tidak lengkap, tapi untuk ide menyatukan konsep aksi sosial dengan social networking bisa jadi bahan masukan ide bagi para startup lokal lain.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

<data:blog.pageTitle/>

/ / (1) ()

,